Cara sharing file smartphone android dengan laptop / komputer melalui jaringan WIFI

Hallo kali ini saya mao bagi - bagi tips mengenai cara sharing file dari smartphone android dengan PC / laptop. Dalam topik pembahasan ini saya menggunakan hp Samsung GT-S5360 (Galaxy Young) sebagai smartphone android nya dan sebuah laptop untuk berbagi file, kemudian aplikasi yang saya gunakan di Galaxy young adalah "File Expert".  (TANPA HARUS ROOTING ANDROID)

Kalau hp android anda belum punya aplikasi "File Expert", bisa download di Android Market atau melalui link di bawah ini.

https://market.android.com/details?id=xcxin.filexpert&hl=en

Langsung aja ya ke langkah awal..



Langkah 1
Setelah aplikasi "File Expert" di smartphone android anda terinstal, bukalah File Expert tersebut maka akan muncul tampilan seperti di atas. Kemudian kita perlu mengaktifkan / menyalakan FTP sharing di smartphone android, dengan menekan Icon share.



Langkah 2
Langkah 1 sudah selesai otomatis di smartphone android anda akan memunculkan pesan seperti gambar di atas, pilih "Enable FTP Sharing"



Langkah 3
Informasi mengenai Network Share akan muncul untuk memberitahu FTP IP Address dan FTP Port (garis bawah hijau) kemudian untuk FTP User Name dan FTP Password (garis bawah kuning)



Sekarang kita beralih ke setting pada laptop atau komputer kita.

* Klik "My Computer"
* Isikan di kolom browser atau "Address My Computer" dengan FTP IP Address dan FTP Port nya, Contoh ftp://192.168.2.101:2211/ (sesuai dengan informasi dari network share yang muncul pada smartphone td)
* Jika anda tidak salah dalam memasukan FTP IP Address dan FTP Port, maka laptop atau komputer akan meminta Username dan Password seperti terlihat pada gambar di atas
* Masukan Username dan Password yang sesuai dengan informasi yang di berikan oleh network share tadi, Contoh
Username : test1
Password : test2



OK selesai, sekarang kita sudah bisa mengakses isi dari memory external smartphone android.
dengan setting yang di bahas seperti di atas, kita bisa menambah, menghapus, memindah, dan rename file atau folder di memory card smartphone android melalui komputer.

Dan perlu di ingat bahwa dalam pembahasan kali ini smartphone android tidak di lakukan proses ROOT, jadi hanya bisa mengakses file yang berada di memori ekternal nya saja.

Semoga bermanfaat...


Artikel Terkait:

2 komentar:

smartphone android mengatakan...

nice info banget nih, menambah pengetahuan saya tentang kinerja dan konektivitas smartphone. terimakasih banyak ya ,, nice info bro sukses terus

Anonim mengatakan...

Memek sapi

adf.ly - shorten links and earn money!
 
Support : DEJAVANTA | KARYA MANDIRI
Copyright © 2010. D E J A V A N T A - All Rights Reserved
Template by Creating website Modify by DEJAVANTA
Proudly powered by Blogger