Panduan Service Printer Canon seri IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980, MP145, MP150, MP160

Pada Canon printer seri IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980, MP145, MP150, MP160, sering sekali mengalami kerusakan tidak bisa menarik kertas atau kertas masuk tapi ternyata miring atau kertas langsung masuk dalam jumlah banyak pada saat proses ngeprint. Anda bisa memperbaikinya sendiri dirumah tanpa perlu anda bawa ke tempat service. Ga percaya dengan kemampuan sendiri ? Coba ikuti langkah2 berikut ini ...

Kerusakan pada printer dengan kasus seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kemungkinan terjadi karena as pada penarik kertas tersebut patah. Yaitu pada bagian karet roll penarik kertasnya. Karena as pada penarik kertas tersebut patah, maka pada saat proses menarik kertasnya menjadi tidak sempurna atau miring atau kertas masuk semua atau bahkan printer tidak mau menarik kertas sama sekali. As pada roll penarik kertas tersebut terbuat dari bahan plastik yang memang rawan patah.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah
membongkar printer tersebut, lepaskan casing / body plastic printer.
Perhatikan baut / skrup yang mengunci casing, kemungkinan ada yang tetutup body lain (tersembunyi) terutama pada printer canon yg berseri MP.
Perhatikan juga klemnya yang terbuat dari plastic, jika ada, anda bisa mencongkelnya dengan perlahan-lahan dengan obeng. Hati-hati jangan sampai patah.
Setelah casing / body plastic terlepas maka anda akan dapat melihat karet penarik kertas beserta plastiknya.

Perhatikan, apakah as penarik kertas tersebut masih utuh atau sudah patah. Jika sudah patah anda bisa mengganti as yang patah tersebut dengan sekrup yang ukuran besar dan panjangnya anda sesuaikan dengan as aslinya yang patah tersebut, kemudian kepala sekrupnya dipotong dengan tang potong. 
Perhatikan saat memasang sekrup pengganti as yang patah, jangan sampai posisi pemasangannya miring. Usaha anda akan sia-sia saja nantinya, karena jika pemasangan baut pengganti as tersebut miring maka proses menarik kertasnya juga tidak akan sempurna.

Jika sudah selesai pasang kembali semua part seperti kondisi semula sebelum anda membongkarnya, Kemudian anda bisa mencoba printer anda ... 
Naah..mudah kan ? Selamat Mencoba ...


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

adf.ly - shorten links and earn money!
 
Support : DEJAVANTA | KARYA MANDIRI
Copyright © 2010. D E J A V A N T A - All Rights Reserved
Template by Creating website Modify by DEJAVANTA
Proudly powered by Blogger