Pengertian HTML dan fungsinya



Secara garis besar terdapat 4 jenis elemen dari HTML yaitu :

1. Structural.
Adalah suatu tanda atau kode program yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah tulisan (contoh, <h1>Internet</h1> akan memerintahkan browser untuk menampilkan "Internet" sebagai tulisan tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1
 2. Presentational.
Adalah suatu tanda atau kode yang menentukan tampilan dari sebuah tulisan, tidak peduli dengan level dari tulisan tersebut. (contoh : <b>Cetak Tebal</b> maka pada browser akan menampilkan "Cetak Tebal". Namun kode-kode presentational saat ini sudah mulai digantikan dengan penggunaan CSS (Cascading Style Sheets) dan tidak direkomendasikan lagi untuk mengatur tampilan tulisan.
  3. HyperText.
Suatu tanda atau kode program HTML yang menunjukkan hubungan (link) ke bagian lain dari dokumen tersebut atau link ke dokumen lain.
contoh : 
 <a href="http://dejavanta.blogspot.com/">Download software</a>

maka pada browser akan menampilkan "Download software" sebagai sebuah hyperlink yang menuju ke URL http://dejavanta.blogspot.com/
   4. Elemen
Widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol <button>, list <li>, dan garis horizontal <hr>, Konsep hypertext pada HTML memungkinkan kita untuk membuat link pada suatu kelompok kata atau frase untuk menuju ke bagian manapun dalam World Wide Web (WWW).

Ada tiga macam link yang dapat kita gunakan :
    • Link menuju bagian lain dari page
    • Link menuju page lain dalam satu web site
    • Link menuju resource atau web site yang berbeda.
Selain markup presentational , markup yang lain tidak menentukan bagaimana tampilan dari sebuah tulisan. Namun untuk saat ini, penggunaan tag HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk mulai ditinggalkan, dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets atau biasa disingkat CSS.

Contoh dokumen HTML sederhana adalah seperti di bawah ini :

<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <title>'''Hello World''</title>
  </head>
  <body>
    <p>Welcome to my site!</p>
  </body>
</html>

Untuk mencobanya dengan media yang paling sederhana, anda bisa mengetikkannya pada media NOTE PAD yang ada di Windows, kemudian file anda simpan dengan format dokumen html. (contoh : test.html).
Maka ketika file test.html tersebut anda buka, maka file akan langsung mengarah pada web browser untuk membaca / menampilkan hasil dari perintah dokumen HTML tersebut. 

HEAD
Bagian header dari document HTML di apit oleh tag <HEAD></HEAD> di dalam bagian ini biasanya dimuat tag TITLE yang menampilkan judul dari halaman pada titlenya browser. Selain itu Bookmark juga megunakan tag TITLE untuk memberi mark suatu web site. Browser menyimpan “title” sebagai bookmark dan juga untuk keperluan pencarian (searching) biasanya title di gunakan sebagai keyword. Header juga memuat tag META yang biasanya di gunakan untuk menentukan informasi tertentu mengenai document HTML, anda bisa menentukan author name, keywords, dan lainnya pada tag META.

Contoh :
<meta name="author" content="dejavanta">

Elemen Body
Bagian BODY, yang dinyatakan dengan tag <BODY>isi content</BODY>, merupakan tubuh atau isi dari dokumen HTML dimana anda meletakan informasi yang akan ditampilkan pada browser.

Tag
HTML tidak membedakan penggunaan huruf besar ataupun huruf kecil dari suatu elemen. Suatu elemen HTML terdiri dari tag-tag beserta teks yang ada dalam tag-tag tersebut. Tag ini dinyatakan dengan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>). 
Tag biasanya merupakan suatu pasangan yang disebut dengan : 
1. Tag awal, yang dinyatakan dalam bentuk <nama tag> 
2. Tag akhir, yang dinyatakan dalam bentuk </nama tag>

Format : <nama tag> teks yang ditampilkan </nama tag> 
Contoh : Untuk menampilkan teks dalam format teks miring. misalnya untuk tampilan : Teks ini terlihat miring di browser anda. maka perintah HTML nya adalah :

<i>Teks ini terlihat miring di browser anda</i>

Atribute
Tag awal bisa memiliki beberapa buah atribut yang menyatakan karakteristik dari suatu tag tersebut.
Misalnya digunakan untuk membuat teks dengan pengaturan rata kiri pada suatu paragraf. Maka tag yang digunakan adalah :

<div style="text-align: left">

dan atribut yang menyertainya adalah ALIGN dengan nilai left. Nilai atribut ALIGN hanya bisa berupa center, left, right atau justify.


Artikel Terkait:

3 komentar:

Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia mengatakan...

gw titip, artikel yang keren ini, mohon support dan doanya
salam "Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia"

Aditya subawa

Reno Rasiwara mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'HTML', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2723/1/14.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

pengertian HTML mengatakan...

pengertian HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

Read more: http://sro.web.id/pengertian-html.html

 
Support : DEJAVANTA | KARYA MANDIRI
Copyright © 2010. D E J A V A N T A - All Rights Reserved
Template by Creating website Modify by DEJAVANTA
Proudly powered by Blogger