Tutorial / Panduan Membuat Blog - Mengenal Fitur Blogger (bagian-1)

Dalam kempatan posting kali ini saya akan membahas mengenai fitur-fitur apa saya yang ada blogger.
Bagi sobat blogger yang sudah terbiasa dan malang-melintang mempunyai pengalaman dengan Blog, pasti sudah tidak asing lagi, dan mungkin akan melewatkan artikel yang satu ini. Tetapi bagi yang baru mulai belajar membuat blog, artikel ini saya harap bisa bermanfaat. Dan mungkin sebelum membaca artikel ini, ada baiknya kalau membaca terlebih dahulu posting tutorial blog sebelumnya di sini

Saya akan mulai dari cara untuk membuat blog baru.
MEMBUAT BLOG BARU

Gambar Membuat Blog Baru

Keterangan membuat blog baru:
1 . Judul : Tulis Judul atau nama Blog yang akan anda buat. Silahkan anda isikan nama blog anda pada kolom yang tersedia. Contoh : DEJAVANTA
2.  Alamat : adalah URL / alamat blog anda nantinya. silahkan di isi alamat blog yang anda inginkan pada kolom yang sudah tersedia. Cek ketersediaan alamat blog, jika alamat blog yang anda masukkan masih tersedia maka bisa di proses, jika tidak tersedia, pilih alamat blog lainnya.
Contoh : example.blogspot.com atau dejavanta.blogspot.com
3. Template : Adalah Tema / desain Tampilan blog anda. Silahkan pilih salah satu Template default yang disediakan oleh Blogger sesuai dengan selera anda, Jika anda sudah menguasai tentang BLOG anda bisa mengganti template tersebut kapan saja.
4. Buat Blog : Artinya Nama blog, Alamat Blog, dan Template blog yang anda masukkan tersebut siap untuk di buat. Klik " Buat Blog " untuk melanjutkan proses ini.

FITUR PADA DASBORD BLOGGER

Gambar Fitur Pada Dasboard Blogger

Keterangan Fitur pada Dasboard:
1. Blogger : Jika anda klik " Blogger " (petunjuk nomor-1) maka tampilan yang anda dapatkan kurang lebih seperti yang ada pada "gambar Fitur Pada dasboard" diatas. Ada beberapa fitur yang tersedia untuk membuat setting, posting, dan lain-lain.
2. Buat Entri Baru : Fitur / menu pada petunjuk nomor 2 tersebut adalah fitur untuk membuat entri baru (posting baru). Jika anda ingin menulis artikel / posting. silahkan anda pilih fitur " Buat Entri Baru " tersebut.
3. Buka Daftar Entri : Adalah daftar kumpilan entri atau artikel-artikel (post) anda. Jika anda telah membuat artikel / posting, maka artikel anda baik yang sudah anda publish atau yang masih tersimpan sebagai draft akan terlihat pada fitur " Buka Daftar Entri " ini.
4. Opsi Lainnya : Terdiri dari beberapa menu pilihan seperti Iktisar, Pos, Laman, Komentar, Google +, Statistik, Tata letak, Template, dan Setelan
5. Lihat Blog : Jika anda klik " Lihat Blog " maka anda akan di bawa menuju ke tampilan sebenarnya blog anda, Tampilan tersebut adalah tampilan yang sama seperti halnya jika pengunjung lain melihat / mengunjungi blog anda tersebut.
6. Blog Baru : Anda bisa membuat beberapa blog dengan 1 akun gmail. Jika anda ingin membuat Blog Baru lagi dengan akun yang sama, anda tinggal klik fitur atau menu " Blog Baru " tesebut.
7. Daftar Bacaan : Adalah daftar blog-blog yang anda ikuti. Artinya blog anda tersebut terhubung dengan blog lainnya, Kalau di social media anda biasanya disebut sebagai follower dari blog-blog yang ada dalam " Daftar Bacaan " tersebut. Silahkan Klik " Tambah " jika anda ingin menambahkan daftar blog orang lain ke blog anda.

Untuk sementara cukup sampai disini dulu, saya sambung pada posting berikutnya, yaitu :
Tutorial / Panduan Membuat Blog - Mengenal Fitur Blogger (bagian ke-2) "



Semoga bermanfaat


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

adf.ly - shorten links and earn money!
 
Support : DEJAVANTA | KARYA MANDIRI
Copyright © 2010. D E J A V A N T A - All Rights Reserved
Template by Creating website Modify by DEJAVANTA
Proudly powered by Blogger