Tutorial / Panduan Membuat Blog - Mengenal Fitur Blogger (bagian ke-2)

Gambar-1
Pada bagian ke-dua dari tutorial membuat blog - mengenal fitur blogger ini saya akan membahas mengenai fitur pada Posting / Post entri.

POST atau ENTRI

Anda dapat menulis artikel tentang apa saja sesuai dengan tema blog yang anda buat. Dalam istilah blogger dikenal dengan posting atau entri.
Langkah untuk membuat posting atau entri baru adalah dengan memilih menu " ENTRI BARU " atau gambar pena seperti yang telah saya beri tanda panah pada gambar-1 diatas.
Kemudian anda akan di bawa ke halaman new entri / halaman posting, seperti yang terlihat pada gambar-2 dibawah ini.

Gambar-2
  
Keterangan Gambar-2 :

1. Compose : Anda dapat menulis artikel anda denga mengetik seperti halnya jika anda mengetik biasanya.
2. HTML : Untuk beberapa perintah membuat entri yang tidak tersedia pada menu maka anda bisa menggunakan pilihan menu HTML untuk pengeditan. misalnya anda ingin membuat sebuah tabel, dengan menu compose anda tidak akan bisa membuat tabel karena tidak tersedia menu untuk membuat tabel. Tapi dengan menggunakan kode HTML maka anda dapat membuat tabel untuk entri baru anda. Tapi tentunya anda pun harus paham dengan kode HTML untuk membuat tabel tersebut. ( untuk membuat tabel anda bisa melihatnya di sini ). Caranya anda pindahkan dulu dari pengeditan biasa (compose) ke pengeditan HTML dengan cara klik HTML yang ada di sebelah menu Compose tersebut, baru kemudian anda masukkan kode HTMLnya. Jika anda menuliskan kode HTML pada menu compose, maka dipastikan  kode HTML anda tersebut tidak akan bisa berjalan / tidak mau malakukan perintah. (Kode HTML harus masukkan melalui menu HTML juga).
3. Link : Pada menu Link di sebelah atas adalah menu untuk menghubungkan kata, kalimat, gambar atau video yang ada pada entri baru anda tersebut dengan URL/ halaman blog atau website lainnya. Caranya, pilih kata / kalimat yang akan di link, kemudian anda blok lalu tekan menu " Link " yang ada di sebelah atas lalu masukkan Url link tujuan. Nantinya jika kata atau kalimat atau gambar yang anda beri link tersebut jika di klik, maka browser akan menuju ke url link tujuan tersebut.
4. Gambar dan Video : Anda juga dapat menampilkan gambar maupun video pada posting / entri anda. caranya klik menu " Insert image " atau "insert a video" ( yang ada di sebelah menu link di sebelah atas ), untuk memasukkan gambar atau video, ada beberapa pilihan lokasi pengambilan file, anda bisa meng-upload dari file komputer anda, dari url atau website lain dengan cara memasukkan url gambar / video tersebut, dari picasa, dari google plus, dan dari webcam anda. 
5. Label : Pada sisi sebelah kanan ada menu LABEL, yang tidak lain adalah kategori untuk tema entri yang anda buat, masukkan jenis kategori untuk entri baru yang anda buat, maka nantinya secara otomatis entri anda akan dipisahkan berdasarkan kategori yang anda buat. misalnya : kategori internet, sport, teknologi dan lain-lain.
6. Link : Pada sisi sebelah kanan ada menu Link. anda bisa membuat url sendiri untuk entri baru yang anda buat dengan memilih opsi " Tautan permanen khusus " kemudia masukkan url sesuai dengan yang anda inginkan, jika tidak biarkan saja pada opsi " Tautan permanen otomatis ", maka url untuk entri baru anda tersebut secara otomatis akan dibuatkan oleh blogger.
7. Pratinjau : Sebelum anda mempublikasikan entri baru anda tersebut, ada baiknya jika anda mengecek terlebih dahulu secara keseluruhan, mulai dari tulisan yang salah, ejakan yang tidak benar, dan lain-lain. Anda bisa melihat preview hasil entri anda dengan meng-klik menu " pratinjau ".
8. Simpan : Jika artikel anda belum siap untuk di publikasikan, anda dapat menyimpannya, maka artikel anda tersebut akan masuk ke Draf dan tidak akan dipublikasikan sampai anda memutuskan untuk mempublikasikannya.
9. Publikasikan : Jika anda sudah yakin artikel anda sudah siap untuk di publikasikan silahkan klik "publikasikan".

Nah, pembahasan mengenai fitur posting saya rasa sudah cukup, jumpa lagi pada pembahasan yang berikutnya, yaitu "  Tutorial / Panduan Membuat Blog - Mengenal Fitur Blogger ( bagian ke-3 ) "

Semoga bermanfaat


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

adf.ly - shorten links and earn money!
 
Support : DEJAVANTA | KARYA MANDIRI
Copyright © 2010. D E J A V A N T A - All Rights Reserved
Template by Creating website Modify by DEJAVANTA
Proudly powered by Blogger