Contoh Tabel Karyawan :
Klik untuk melihat gambar
1. Mencari total suatu range data dengan kriteria tertentu
RUMUS :
=SUMIF(Criteria_range;"Criteria";sum_range)
Contoh 1:
Dari data tabel karyawan tersebut misalkan kita ingin mencari berapakah jumlah yang dibayarkan perusahaan untuk total gaji (TOTAL DITERIMA) karyawan dengan jabatan sebagai IT ?
Dari soal diatas, maka rumus bisa di dapatkan dengan menggunakan fungsi "SUMIF".
Maka bentuk penulisan rumusnya adalah sebagai berikut :
=SUMIF(E2:E8;"IT";J2:J8)
atau
Klik untuk melihat gambar
Klik untuk melihat gambar
Klik untuk melihat gambar
Klik "HOME" >> klik pilihan pada simbol "∑" >> klik "MORE FUNCTIONS" >> akan muncul tab "INSERT FUNCTION". Pada kolom "SEARCH for a FUNCTION" ketik "SUMIF" >> Klik "GO" >> maka pada kolom "Select a function" akan langsung mendeteksi / menemukan fungsi "SUMIF" >> Klik "OK"
Akan muncul Tab baru "Function Arguments". Pada kolom "Range" ketik "E2:E8" (tanpa tanda petik dua) >> Pada kolom isian "Criteria" ketik "IT" (tanpa tanda petik dua) >> pada kolom isian "SUM_range" ketik "J2:J8" >> Klik "OK"
Sehingga dari rumus tersebut maka akan di dapatkan hasilnya adalah Rp. 7.900.000
2. Mencari banyak data tertentu dari sebuah range data
RUMUS :
=COUNTIF(Criteria_range;"Criteria")
Contoh 2:
Dari data tabel karyawan tersebut misalkan kita ingin mencari berapa orangkah karyawan dengan jabatan sebagai IT?
Untuk soal tersebut, maka hasil bisa di peroleh dengan menggunakan rumus fungsi "COUNTIF".
Maka bentuk penulisan rumusnya adalah sebagai berikut :
=COUNTIF(E2:E8;"IT")
atau
Klik untuk melihat gambar
Klik untuk melihat gambar
Klik untuk melihat gambar
Klik "HOME" >> klik pilihan pada simbol "∑" >> klik "MORE FUNCTIONS" >> akan muncul tab "INSERT FUNCTION". Pada kolom "SEARCH for a FUNCTION" ketik "COUNTIF" >> Klik "GO" >> maka pada kolom "Select a function" akan langsung mendeteksi / menemukan fungsi "COUNTIF" >> Klik "OK"
Akan muncul Tab baru "Function Arguments". Pada kolom "Range" ketik "E2:E8" (tanpa tanda petik dua) >> Pada kolom isian "Criteria" ketik "IT" (tanpa tanda petik dua) >> Klik "OK"
Sehingga dari rumus tersebut akan didapatkan hasilnya adalah 3 (3 orang).
3. Mencari banyak data tertentu dari sebuah range tertentu
RUMUS :
=COUNTIF(Criteria_range;"Criteria")
Contoh 3:
Dari data tabel karyawan tersebut, misalkan kita ingin mencari :
3a. Berapa orang karyawankah yang yang mendapatkan gaji lembur sebesar Rp. 400.000 ke atas? dan
3b. Berapa orang karyawankah yang mendapat gaji lembur kurang dari Rp. 400000 ?
Dengan soal tersebut di atas maka hasil bisa diperoleh dengan menggunakan fungsi "COUNTIF".
RUMUS untuk contoh soal 3.a :
=COUNTIF(H2:H8;">=400000")
atau
Klik untuk melihat gambar
Klik untuk melihat gambar
Klik untuk melihat gambar
Klik "HOME" >> klik pilihan pada simbol "∑" >> klik "MORE FUNCTIONS" >> akan muncul tab "INSERT FUNCTION". Pada kolom "SEARCH for a FUNCTION" ketik "COUNTIF" >> Klik "GO" >> maka pada kolom "Select a function" akan langsung mendeteksi / menemukan fungsi "COUNTIF" >> Klik "OK"
Akan muncul Tab baru "Function Arguments". Pada kolom "Range" ketik "H2:H8" (tanpa tanda petik dua) >> Pada kolom isian "Criteria" ketik ">=400000" (tanpa tanda petik dua) >> Klik "OK"
Sehingga dari rumus tersebut akan didapatkan hasilnya adalah 4 (4 orang).
RUMUS untuk contoh soal 3.b :
=COUNTIF(H2:H8;"<400000")
atau
Klik untuk melihat gambar
Klik untuk melihat gambar
Klik untuk melihat gambar
Klik "HOME" >> klik pilihan pada simbol "∑" >> klik "MORE FUNCTIONS" >> akan muncul tab "INSERT FUNCTION". Pada kolom "SEARCH for a FUNCTION" ketik "COUNTIF" >> Klik "GO" >> maka pada kolom "Select a function" akan langsung mendeteksi / menemukan fungsi "COUNTIF" >> Klik "OK"
Akan muncul Tab baru "Function Arguments". Pada kolom "Range" ketik "H2:H8" (tanpa tanda petik dua) >> Pada kolom isian "Criteria" ketik "<400000" (tanpa tanda petik dua) >> Klik "OK"
Sehingga dari rumus tersebut akan didapatkan hasilnya adalah 3 (3 orang).
Sekian dulu artikel mengenai simulasi rumus membuat rekapitulasi data sederhana dengan menggunakan fungsi IF pada Microsoft Office EXCEL. Saya akan sambung lagi pada artikel berikutnya. Anda dapat mengaplikasikan rumus-rumus tersebut untuk kebutuhan yang sama, tentunya dengan mengganti keterangan-keterangan yang anda sesuaikan dengan data anda sendiri.
Jangan lupa tinggalkan komentar anda untuk artikel ini dan komentar anda akan tampil di semua halaman pada side bar blog ini dan juga di HALAMAN INI >>
Jika ingin bertukar link dengan DEJAVANTA BLOG silahkan klik BACKLINKS GENERATOR >>
Website atau Blog anda juga akan tampil di DEJAVANTA BLOG seperti daftar nama-nama website dan Blog di HALAMAN INI >>
Lumayan kan bisa nambah rating blog anda !!!
6 komentar:
kalau saya mau tambahkan ulang tahun karyawan, dan saya mau tahu ada berapa orang yang HUT nya di bulan januari, gimana caranya...tq..GBU
(kukispanada@gmail.com)
kalau saya mau tambahkan ulang tahun karyawan, dan saya mau tahu ada berapa orang yang HUT nya di bulan januari, gimana caranya...tq..GBU
wah lengkap banget penjelasan tentang formula excelnya. saya juga suka dengan program perhitungan dari microsoft ini tapi masi sebatas hal hal dasar saja
Makasih atas panduannya
Sangat membantu, terimakasih
Terimakasih, Sangat membantu...
Posting Komentar